modulasi

Modulasi

Informasi yang akan disampaikan kepada satu stasiun radio paket kepada stasiun lainnya berbentuk sinyal digital, yaitu pulsa yang menyatakan nilai 1 dan 0 . Sinyal digital ini tidak dapat ditransmisikan begitu saja menggunakan radio, karena bandwidth (lebar pita) yang dipakai oleh sinyal digital terlalu lebar. Sinyal ini harus dimodifikasi agar ia dapat ditransmisikan via radio. Modifikasi terhadap sinyal ini dinamakan modulasi.

Modulasi ada dua macam, yaitu modulasi sinyal analog dan modulasi sinyal digital. Contoh modulasi sinyal analog yang sering kita jumpai adalah Frequency Modulation (FM) dan Amplitude Modulation (AM), sementara modulasi sinyal digital yang akan kita bahas adalah Amplitude Shift Keying (ASK), Phase Shift Keying (PSK), Frequency Shift Keying (FSK) dan Audio Frequency Shift Keying (AFSK). Gambar sinyal dari masing-masing modulasi terlampir.

  • ASKAmplitude Shift Keying (ASK) adalah modulasi yang menyatakan sinyal digital 1 sebagai suatu nilai tegangan tertentu (misalnya 1 Volt) dan sinyal digital 0 sebagai sinyal digital dengan tegangan 0 Volt. Sinyal ini yang kemudian digunakan untuk menyala-mati-kan pemancar, kira-kira mirip sinyal morse.
  • PSKPhase Shift Keying (PSK) adalah modulasi yang menyatakan sinyal digital 1 sebagai suatu nilai tegangan tertentu dengan beda fasa tertentu pula (misalnya tegangan 1 Volt dengan beda fasa 0 derajat), dan sinyal digital 0 sebagai suatu nilai tegangan tertentu (yang sama dengan nilai tegangan sinyal PSK bernilai 1, misalnya 1 Volt) dengan beda fasa yang berbeda (misalnya beda fasa 180 derajat). Tentunya pada teknik-teknik yang lebih rumit, kita bisa melakukan modulasi dengan perbedaan fasa yang lebih banyak lagi.
  • FSKFrequency Shift Keying (FSK) adalah modulasi yang menyatakan sinyal digital 1 sebagai suatu nilai tegangan dengan frekuensi tertentu (misalnya f1 = 1200 Hz), sementara sinyal digital 0 dinyatakan sebagai suatu nilai tegangan dengan frekuensi tertentu yang berbeda (misalnya f2 = 2200 Hz). Sama seperti modulasi fasa, pada modulasi frekuensi yang lebih rumit dapat dilakukan pada beberapa frekuensi sekaligus dengan cara ini pengiriman data menjadi lebih effisien.

ni cuma basa-basi doank, silakan yang punya materi yang lebih lengkap, kirim ja kesini,,

thanx…. hazky 

5 Responses to “modulasi”

  1. lochh …

    gw pengen tau saol gaby ni ,,
    yang misterius ga jeals itu lochh ….

    plis ia klo ada yang tau kash tau gw …
    ni fs gw aq_molly@yahoo.com,,,,,,,,,,,

    sekalian di add ja

  2. eh bisa g lu cariin video nya coz gw dr td mute-muter ga dapet-dapet..plise..

  3. tolong dong cari berita geby yang lebih fakta lagi,karna kan untuk saat ini masih ga jelas,coz w penasaran banget…pleeeesssssssss

  4. please Donk!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    gk saH kPkRn bgEt Ma crita na GeBy…
    kyk Gk da cRita laen Za!!
    manK dy pntg llie yEEEEEE..????????????
    mNa ujAn
    bCek
    kna ospeK
    spatu Rbek
    CAPPEEEEE DEEEEHHHHH!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  5. thanks ya mas materi modulasinya …
    agy dapet tgs komdat nbeh…
    tapi…. g lebih lengkap gt mas..hehehehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: